Sistem pengapian DIS
merupakan suatu sistem pengapian yang suplai tegangan langsung ke busi dengan
menggunakan multiple Ignition coil yang di pasang di tiap-tiap busi, sistem ini
yang mendominasikan mesin bensin saat ini. Sistem DIS memiliki 2 tipe:
a.
Tipe satu koil untuk tiap busi
b.
Tipe satu koil untuk dua busi
Pada tipe pertama sudah
jelas tiap-tiap busi terdapat 1 koil with Igniter dan saat pengapian terjadi di
akhir langkah kompresi, sedangkan di tipe 2 terdapat 2 koil with igniter untuk 4 busi. Untuk tipe
2 saatnya pengapian terjadi pada akhir langkah yang berbeda silinder, yang satu
terjadi di akhir langkah kompresi dan yang 1 lagi terjadi di akhir langkah
buang.
Ć Mengenal
komponen sistem pengapian DIS
a.
Baterai, berfungsi sebagai sumber arus
b.
Ig switch, berfungsi sebagai penyambung
dan pemutus arus ke lilitan primer
c.
Fuse I/G, sebagai pengaman dalam rangkaian
d.
Coil with Igniter, berfungsi untuk
menaikkan tegangan
e.
Crank posistion sensor, berfungsi
mendeteksi putaran poros krankshaf/poros engkol dan mengirim signal tegangan ke
ECU untuk bekerja igniter. (signal NE)
f.
Cam posisition sensor, berfungsi
mendeteksi putaran camsaft/noken as.( signal G)
g.
ECU mengatur sat pengapian berdasarkan
signal dari sensor.
Pada saat
transistor OFF di karenakan tidak di
berikan signal tegangan positif dari sensor crank dan camsaft, maka ECU pun
tidak mengirimkan signal tegangan positif ke terminal B transisitor. Dengan OFF
nya transisitor maka terputus juga massa
lilitan primer yang mengakibatnya terbangkitnya EMF I , induksi sendiri lilitan
primer,tegangan terbangkit berkisar 300 VDC ± berbarengan dengan itu juga EMF
2 pun terjadi di sebabkan lilitan pada
ignition coil di pasang secara paralel, nilai tegangan berkisar 10.000 VDC ±
Posisi ST dikembalikan ke ON dan mesin telah
hidup, proses induksi dipertahankan oleh ECU berdasarkan signal- signal
dari sensor – sensor
SAMPAI DISINI DULU ARTIKEL SAYA INI, SEMOGA APA YANG SAYA BAGIKAN INI BERMANFAAT BAGI TEMAN-TEMAN YANG MEMBACANYA, SEHINGGA DAPAT MENAMBAH PENGETAHUAN TEMAN-TEMAN TENTANG TEKNOLOGI OTOMOTIF.
THANK YOU VERY MUCH
Langganan:
Postingan (Atom)