MAU BELAJAR TENTANG SISTEM PENDINGIN AC SPLIT, INI ALAT SERTA BAHAN YANG MESTI ANDA MILIKI


Hai semuanya, kembalilagi dengan saya Son_Ambarita, kali ini saya akan berbagi tentang bagaiamana cara Pengisian Refrigerant, Vacum, Pump Down dan me-Release Ac dimana me-release Ac ini artinya setelah kita menyelesaikan pekerjaan seperti Pengisian Refrigerant, Vacum, Pump Down nah setelah itu kita baru me-release atau mengecek tekanan freon, arus, dan suhu masuk dan suhu keluar pada out door dan indoor pada Ac itu lah pengertian dari me-release sistem kerja pada Ac . Dan disini saya hanya ingin berbagi sebatas pengetahuan saya saja bagi teman-teman yang mungkin ingin belajar bagaimana cara melakukan perbaikan-perbaikan seperti yang saya bahas diatas. Tanpa membuang-buang waktu mari kita laksanakan langkah-langkahnya.
Sebelum kita melakukan pekerjaan ini, ada baiknya kita menyiapkan alat dan bahan yang kita  perlukan nantinya, alat dan bahan yang di perlukan di antaranya ialah :

       1.       Kunci L satu set


Kunci L ini nantinya berfungsi untuk membuka baut L yang menutup saluran two way/ saluran masuk dan three way/ saluran keluar.

      2.      Kunci inggris satu pasang
Kunci Inggris ini nantinya berfungsi untuk membuka dan menutup double nipple pada saluran two way/ saluran masuk dan three way/ saluran keluar.

     3.      Obeng +/-
Obeng nantinya berfungsi apabila di perlukan untuk membuka baut sekrup.

      4.      Manifold gauge
Manifold gauge ini nantinya berfungsi untuk membuka mengukur tekanan pada AC,untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran pada saluran-saluran pipa atau doble nippel pada Ac.

      5.      Vakum pump
Vakum pump ini nantinya berfungsi untuk mem-vakum saluran pipa Ac, atau bisa juga mem-vakum keseluruhan sistem Ac bila di perlukan.

      6.      Avo meter  manual/ digital

Avo meter berfungsi untuk mengukur tegangan/arus yang masuk dari jaringan PLN.

      7.      Tang ampere
Tang ampere ini nantinya berfungsi untuk mengukur arus yang keluar dari Ac, dan arus ini harus memenuhi spesifikasi yang sudah di tentukan dalam name plate pada Ac.

      8.      Alat sensor suhu
Alat sensor udara ini nanti berfungsi untuk mengukut suhu masuk dan keluar dari indoor dan out door.

     9.      Tabung refrigeran yang berisi cairan refrigeran.
Dan Tabung refrigeran yang berisi cairan refrigeran ini nantinya berfungsi untuk dimana pada saat Ac sedang kekurangan cairan refrigerant. Dan kita mengisi cairan refrigerant nya melalui cairan refrigerant yang telah kita siapkan tadi.
          
         Mungkin sampai disini dulu artikel saya ini, selanjutnya teman-teman bisa baca pada artikel saya yang berjudul Cara dan Langkah-langkah pemasangan AC Split Yang Baru Di beli. semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat bagi teman-teman yang memang ingin belajar sitem pendingin AC Split, dan disini saya hanya ingin berbagi dan bukan bermaksud menggurui teman-teman yang memang sudah master di bidang ini.


THANK YOU FOR YOUR ATTENTION












0 komentar:

Copyright © 2013 Dunia Teknik