BAGAIMANA CARA MENGISI FREON/ REFRIGERANT YANG BENAR PADA AC SPLIT


Hai semuanya, kembali lagi bersama saya Son_Ambarita lama tidak berbagi pengetahuan kepada teman-teman semua, dan disini saya ingin membagikan sebuah pengetahuan dan artikel ini adalah lanjutan artikel-artikel saya sebelumnya terutama artikel saya yang berjudul LANGKAH-LANGKAH MEM-VAKUM KESELURUHAN UNIT AC, artikel ini akan saya berikan judul besarnya BAGAIMANA CARA MENGISI FREON/ REFRIGERANT YANG BENAR PADA AC SPLIT, disini saya memang baru pemula dan baru belajar tentang pengetahuan AC Split ini, tapi saya sedikit mengetahui bagaimana cara pengisian freon kedalam AC Split ini, dan saya harap setelah kawan-kawan membaca artikel saya ini tidak akan ada lagi yang salah pada saat pengisian freon kedalam AC terutama buat teman-teman yang sudah ahli/ teknisi Ac, karena pengalaman saya, saya pernah menonton sebuah video tutorial bagaimana cara pengisian freon kedalam AC, yang mana AC itu kebetulan Kekurangan freon, pada saat saya menonton tutorial tersebut menurut saya menarik dan dapat menambah pengetahuan bagi para penontonnya, namun satu hal yang saya sayangkan, kalau si teknisi tersebut tidak mem-flessing dahulu saluran masuk pada manifold gauge yang dia gunakan, flessing artinya membuang kandungan udara pada selang manifold yang baru kita gunakan, dan saya telah mengomentari videonya, dan saya berterima kasih kepada yang punya tutorial tersebut karen ia langsung balas balik komentar saya, yang mana didalam komentar saya, saya hanya ingin membenarkan apa yang menjadi kesalahan langkah-langkah yang di buat olehnya/ sipembuat tutorial, memang tidak ada ruginya bagi si pembuat videonya ini, tapi kan kasihan mereka yang awam pengetahuan akan hal ini, sudah mereka mengeluarkan uang untuk membayar anda/para teknisi  eh AC mereka/ customer umurnya gak akan panjang, karena apa bila ada udara sedikit saja yang masuk ke dalam sistem pendingin, bisa di pastikan AC tersebut gak lama pasti bermasalah, nah untuk itu marilah bagi teman-teman yang belajar/ para tehnisi kalau membantu masalah orang jangan malah menambah masalah bagi orang tersebut khusunya bagi para tehnisi “ JANGAN HANYA KARENA MENCARI SESUAP NASI, SEGALA CARA DIHALALKAN” hahahah cie-cie sok alim dia, “sorry-sorry kidding”, agar tidak membuang-buang waktu mari kita lansung saja langkah-langkahnya, dan yang kita bahas ini hanyalah tentang masalah bagaimana cara pengisian freon ke dalam AC yang benar, apa bila perlu pengetahuan yang lebih dalam anda bisa baca di artikel saya yang berjudul CARA ATAU LANGKAH-LANGAKAH PUMP DOWN AC SPLIT.
     1.      Pertama-tama kita siapkan dulu peralatan yang di perlukan, lihat artikel saya yang berjudul MAU BELAJAR TENTANG SISTEM PENDINGIN AC SPLIT, INI ALAT SERTA BAHAN YANG MESTI ANDA MILIKI.
     2.      Pasang selang-selang manifold gauge pada AC, dan pasangkan juga tang ampere pada kabel untuk pengenalan arusnya, lihat cara pemasangan selang manifold gauge dan tang amper pada gambar berikut.  

     3.      Cek berapa tekanan freonnya pada Ac terlebih dahulu setelah anda pastikan freonnya kurang, baru lah anda bisa menambahkan nya dengan cara menyalakan AC terlebih dahulu

     4.      Lalu  membuka saluran two way/ saluran masuk dan three way/saluran keluar.

     5.      Jangan lupa cek juga arus pada tang ampere yang sudah kita pasang tadi, arusnya harus berada dalam kisaran antara 0,9 – 1,6 A, atau mendekati juga tidak masalah.
    6.      Apabila langkah-langkah diatas sudah selesai, lalu kita bisa mem-flassing saluran manifold gaugenya.
    7.      Plessing artinya kita harus membuang kandungan udara yang tersimpan pada saluran selang kuning di atas, karena pada saat baru kita pasang selangnya ke tabung freon, kita bisa pastikan kalau di dalam selang tersebuat ada kandungan udaranya, nah itulah yang akan kita buang.
     8.      Caranya terlebih dahulu buka buka kran pada tabung freon, dan pastikan pengunci no 1,2 dalam keadaan tertutup ke dua-duanya, lihat gambar berikut.

      9.      Lalu berlahan-lahan buka pengunci 2 yang berwarna merah lalu tutup lagi, ulangi cara ini hingga beberapa kali, agar bisa di pastikan udara di dalam selang warna kuning pada manifold bisa terbuang keluar.
      10.      Setelah kita pastikan udara di dalam sudah keluar, barulah tutup pengunci yang no 2 tadi.
     11.      Dan selanjutnya ulangi cara yang anda lakukan pada pengunci yang no 2 tadi pada pengunci yang no 1, kita malakukan cari ini agar kita mengetahui berapa tekanan freon pada Ac/ di dalam sistem.
     12.      Setelah itu lihat jarum manifold gauge, karena freon yang saya gunakan adalah R-22 maka standart tekanannya adalah antara 60-80 Psi.
      13.      Cek lagi berapa arus pada tang ampere, kisarannya antara 0,9 – 1,6 A.
      14.      Setelah anda memastikan tekanan dan arus pada tang ampere sudah tercapai.
      15.      Berlahan-lahan tutup pengunci no 1, lalu tutup keran pada tabung pada freon
      16.      Setelah itu cek kondisi kerja sistem/ Ac, pastikan sudah normal
      17.      Lalu lepaskan selang-selang pada manifold gauge dari tabung freon dan dari out door pada Ac.
v  Sekedar catatan saja buat teman-teman, cara termudah untuk mengetahui ciri-ciri Ac kekurangan Freon/ Refrigerant adalah dengan cara melihat pipa saluran masuk/ pipa Two waynya, apa bila pipa ini mengeluarkan/ terdapat bunga es, maka dapat di pastikan freonnya kurang, dan itu perlu di cek terlebih dahulu mungkin terjadi kebocoran pipa-pipa pada sistem, apabila memang ada kebocoran maka perlu di perbaiki terlebih dahulu kebocorannya, dan apabila sudah di perbaiki baru anda bisa melakukan pengisian freon. namun sebelum melakukan pengisian freon terlebih dahulu kita lakukan pem-vakuman pada sistem, cara pemvakuman bisa anda lihat di artikel saya yang berjudul LANGKAH-LANGKAH MEM-VAKUM KESELURUHAN UNIT AC
v  Dan apa bila saluran freon yang kita isi terlalu berlebihan, maka ciri-cirinya adalah pipa  saluran keluar/ theree waynya mengeluarkan bunga es, dan freonnya perlu untuk di buang/ di keluarkan.

Mungkin sampai disini dulu artikel saya ini, semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat bagi teman-teman yang memang ingin belajar sitem pendingin AC Split, dan disini saya hanya ingin berbagi dan bukan bermaksud menggurui teman-teman yang memang sudah master di bidang ini.


THANK YOU FOR YOUR ATTENTION






1 komentar:

Copyright © 2013 Dunia Teknik