LANGKAH-LANGKAH MEM-VAKUM KESELURUHAN UNIT AC


Hai semuanya, kembali lagi dengan saya son_ambarita, disini saya ingin melanjutkan artikel saya yang membahas tentang CARA DAN LANGKAH-LANGKAH PEMASANGAN AC SPLIT YANG BARU DI BELI, karena pada artikel ini saya menjelaskan bagaimana cara mem-vakum pipa pada unit Ac, namun bedanya disini kita akan mem-vakum keseluruhan pada sistem AC, dan pekerjaan ini kita lakukan pada saat ingin membersihkan seluruh sistem in door, out door, dan pipa-pipa Ac Atau apabila terjadi kebocoran pada pipa sistem/ Ac, maka diwajibkan melakukan pemvakuman sebelum melakukan pengisian freon/ refrigerant pada Ac. Tapi sebelumnya anda harus menyiapkan bahan dan peralatan-peralatan yang di butuhkan, anda bisa baca artikel saya yang berjudul MAU BELAJAR TENTANG SISTEM PENDINGIN AC SPLIT, INI ALAT SERTA BAHAN YANG MESTI ANDA MILIKI, agar pekerjaan anda lancar dan tanpa ada masalah dengan perlatan-peralatan kerja anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
      1.      Pastikan anda sudah menyiapkan alat yang akan digunakan
      2.      Pasang selang-selang manifold gauge pada saluran keluar/three way pada unit out door dan selang yang lain pada vakum pump.


   
      3.      Setelah itu buka saluran 1/ saluran masuk dan saluran 2/ saluran keluar pada outdoor
   










     4.      Lalu nyalakan vakum pump
     5.      Buka valve/ pengunci no 2 pada manifold gauge
     6.      Selanjutnya cek/lihat jarum pada manifold gauge, jarum harus menunjuk angka 0/-30.
     7.      Setelah 1 menit coba cek ada tidak kebocoran dengan cara tutup terlebih dahulu valve pada manifold gauge, lalu matikan vakum pump, cek pada jarum manifold gauge, apakah bergerak atau tidak,kalau jarum bergerak berarti ada kebocoran pada unit Ac, namun kalau jarum tidak bergerak berarti tidak ada kebocoran.
      8.      Setelah itu vakum ulang selama 10 menit, pastikan cairan/udara tidak ada lagi di dalam pipa-pipa Ac.
      9.      Setelah itu tutup valve manifold gauge
     10.      Lalu matikan vakum pump.
     11.      Setelah itu release ulang unit Ac anda.

 Kalau belum tahu cara-cara me-release Ac, anda bisa baca artikel saya yang berjudul CARA DAN LANGKAH-LANGKAH PEMASANGAN ACSPLIT YANG BARU DI BELI, pada artikel ini saya sudah menerangkan bagaimana langkah-langkah me-release Ac split.
Mungkin sampai disini dulu artikel saya ini, di artikel selanjutnya saya akan membahas tentang LANGKAH-LANGKAH MENGISI/ MENAMBAH FREON/  REFRIGERANT PADA UNIT AC, semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat bagi teman-teman yang memang ingin belajar sitem pendingin AC Split, dan disini saya hanya ingin berbagi dan bukan bermaksud menggurui teman-teman yang memang sudah master di bidang ini.

THANK YOU FOR YOUR ATTENTION





0 komentar:

Copyright © 2013 Dunia Teknik