CARA ATAU LANGKAH-LANGAKAH PUMP DOWN AC SPLIT


Hai semuanya kembali lagi dengan saya son_ambarita, disini saya berencana ingin melanjutkan artikel saya yang berjudul CARA DAN LANGKAH-LANGKAH PEMASANGAN AC SPLIT YANG BARU DI BELI, di artikel itu saya membahas tentang bagaimana langkah-langkah dalam pemasangan AC, mem-vakum pipa-pipa serta me-release Ac setelah kita selesai memasang, dan mem-vakumnya dimana AC ini dalam keadaan baru kita beli, yang menjadi pertanyaan, lalu bagaimana kalau kita kalau pindah rumah/tempat tinggal, apa kita harus bongkar ulang Acnya lagi ? Dan bagaimana dengan refrigerant yang ada di unit in door dan out door, apa tidak terbuang ke udara/atmosfir?
Nah, makanya disini saya ingin membantu teman-teman untuk menyelesaikan permasalahan ini, namun sebelumnya alangkah baiknya anda baca artikel saya yang berjudul MAU BELAJAR TENTANG SISTEM PENDINGIN AC SPLIT, INI ALAT SERTA BAHAN YANG MESTI ANDA MILIKI, karena artikel itu sangat berhubungan erat dengan artikel yang anda baca sekarang ini, agar anda dapat paham dan mengetahui bahan serta peralatan apa saja yang akan di butuhkan dalam memecahakan permasalahan ini,
Ok tampa membuang-buang waktu, jadi permasalah kita disini hanya, bagaimana caranya kita menangani AC split supaya tidak terbuang sia-sia freon yang ada di dalamnya sewaktu kita pindah ruangan/ tempat tinggal?
Kan gak mungkin di bongkar gitu aja, sayang dong refrigerant/freonnya terbuang sementara harga freon di pasaran sangat mahal, tapi sebelum kita melakukan pekerjaan ini alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih itu Pump Down Ac ?
Jadi Pump down Ac ini adalah langkah untuk menyimpan freon/refrigerant, apabila anda ingin pindah rumah/ pindah kamar atau hanya sekedar memindahkan posisi unit Ac anda, supaya freon/refrigerant yang ada di unit Ac anda tidak terbuang begitu saja, lalu freon/refrigerantnya di simpan/ dikumpulkan dimana ?
Nah Pump Down itu berarti kita menyimpan/ mengumpulkan freon/refrigerant di dalam kompessor.

berikut ini adalah langkah-langkah penanganannya.

         1.               Pertama anda  harus siapkan alat dan alat- yang di perlukan dulu.
     2.     Setelah itu anda ambil manifold gauge dan anda pasangkan selang-senangnya, satu ke valve/saluran masuk pada unit out door dan yang satunya ke vakum pump, lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini.





       3.      Kemudian karena disini kita ingin freonnya tidak terbuang sia-sia akibat pembongkaran AC, maka kita harus memindahkan semua freon yang ada dari selang saluran masuk, unit indoor sampai pada selang saluran keluar pada unit AC ke unit out door atau kompressor.
        4.      Caranya, setelah anda memasang manifold gauge pada valve/saluran buang pada unit out door.
        5.      Selanjutnya anda menghidupkan sistem/AC
        6.      Lalu tutup saluran masuk/ two way pada out door
     7.      Setelah itu tunggu hingga arus pada tang ampere di kisaran antara 0,9-1,6 A
     8.      Dan tunggu sampai Tekanan pada manifold gauge harus berada pada angka 0/-30 Psi
     9.      Setelah itu cek suhu udara masuk pada unit in door dan out door, pastikan suhu yang masuk  lebih tinggi dari pada saluran keluar.
    10.      Setelah semuanya selesai dan hasilnya sesuai.
    11.      Barulah anda bisa menutup saluran keluar/three way.
    12.      Lalu anda bisa melepaskan selang-selang manifold gauge dari unit out door dan vakum pump.

Setelah anda menyelesaikan langkah ini, berarti refrigerant/freon sudah dipindahkan ke kompresor/unit out door, setelah itu anda bisa bongkar dan memindahkan Ac, dan ingat apabila anda sudah memindahkan unit AC ke tempat yang baru, pada saat memasang/merakit ulang kembali unit Ac, jangan lupa sebelum memasang pipa-pipa Ac anda harus mem-vakum terlebih dahulu pipa-pipa AC, agar membuang/mengeluarkan sisa udara yang ada dalam pipa-pipa Ac dan unit in door, lihat artikel saya yang berjudul CARA DAN LANGKAH-LANGKAH PEMASANGAN AC SPLIT YANG BARU DI BELI, di artikel ini akan membahas bagaimana cara mem-vakum pipa-pipa Ac.
Mungkin samapi disini dulu artikel saya ini, di artikel selanjutnya saya akan membahas tentang LANGKAH-LANGKAH MEM-VAKUM KESELURUHAN UNIT AC, karena masih ada yang belum saya bahas tentang sistem Ac ini, semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat bagi teman-teman yang memang ingin belajar sitem pendingin AC Split, dan disini saya hanya ingin berbagi dan bukan bermaksud menggurui teman-teman yang memang sudah master di bidang ini.

THANK YOU FOR YOUR ATTENTION

0 komentar:

Copyright © 2013 Dunia Teknik