Bingung Cara Pasang Saklar Lampu di Motor BEAT FI ?? Here's how
Cara Pasang Saklar Lampu di Motor BEAT FI Terbaru
Untuk sistem lampu sepeda motor yang menggunakan teknologi
AHO (Automatic Headlamp On) ini sebenarnya diterapkan pabrikan untuk mendukung
program pemerintah, yaitu kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu di siang
hari untuk alasan safety.
Namun bila anda merasa tidak nyaman dan ingin menonaktifkan fitur AHO tersebut bisa saja dilakukan.
Kadang pengendara juga dilema, kalau sering lewat jalanan komplek atau di dalam gang dan lampu utama menyala, terasa tidak nyaman buat orang lain karena membuat mereka silau.
Hal ini juga menjadikan alasan untuk menonaktifkan fitur AHO, cara yang bisa dilakukan adalah memberi saklar tambahan.
Namun bila anda merasa tidak nyaman dan ingin menonaktifkan fitur AHO tersebut bisa saja dilakukan.
Kadang pengendara juga dilema, kalau sering lewat jalanan komplek atau di dalam gang dan lampu utama menyala, terasa tidak nyaman buat orang lain karena membuat mereka silau.
Hal ini juga menjadikan alasan untuk menonaktifkan fitur AHO, cara yang bisa dilakukan adalah memberi saklar tambahan.
Dengan langkah-langkkah sebagai berikut ini :
Mempersiapkan bahan-bahan yang di perlukan diantaranya adalah
1.
Tang crimping skun/pengupas
kabel
2. Kabel
3.
Saklar yang baru untuk
kita pasangkan nantinya
4.
Isolasi hitam sebagai
pelapis kabel
5.
Skun sebagai pengikat
sambungan kabel sebelum di isolasi
Selanjutnya tahap pengeboran cover, perlu diingat sebelum
dibor ukur dulu dengan ukuran saklar yang akan di pasang
Mungkin selanjutnya saya tidak akan menjelaskan lebih panjang
lagi, karena akan sangat panjaaaaaaaaaa sekali untuk di jelaskan, dan inti nya
kita hanya cukup membongka body bagian samping kanan saja untuk menemukan
kiprok dari lampu saklar dan selanjutnya kita mencari kabel warna kuning dan
memutuskannya.
Dengan memutus kabel warna kuning dari kiprok yang menuju
saklar dimmer, yang posisinya ada di cap samping sebelah kanan atau di bawah
tempat duduk , tapi kalau anda mau membukakanya tidak perlu mencopok tempat
duduk motor , cukup anda membuka kap motor sebelah kanan saja , lalu kabel yang
anda putus tadi kan ada dua , satu kabel dari kiprok yang satunya lagi dari
saklar lampu yang sudah kita putus tadi
, nah anda cukup sambungkan kabel yang anda putus dari kiprok ke saklar yang
baru yang ingin anda pasang tadi , dan
kabel yang anda putuskan satu lagi cukup anda disambung ke saklar yang baru
tadi .
Jadi kalau kita menyalakan sepeda motor lampu depan tidak langsung menyala selama saklar on/off tidak kita fungsikan. Pemasangan saklar tambahan ini bisa anda pasang sendiri, tapi kalau anda merasa kesulitan bisa datang ke Bengkel Honda terdekat.
Namun, dengan pemasangan saklar tambahan ini tentunya bisa membuat garansi kelistrikan di motor anda jadi tidak berlaku.
Kalau saran saya sebaiknya tetap menggunakan lampu dengan system AHO ini karena toh kedepannya semua motor bakal dibuat seperti ini, atas dasar demi keamanan bagi pengendara sepeda motor di Indonesia.
Jadi jika pemerintah sudah memberlakukan secara nasional dan semua lampu motor wajib On tidak perlu repot-repot lagi merubahnya.
Demikian penjelasan dari saya tentang pemasangan saklar lampu dimmer untuk motor beat FI semoga bermanfaat terimakasih.
Jadi kalau kita menyalakan sepeda motor lampu depan tidak langsung menyala selama saklar on/off tidak kita fungsikan. Pemasangan saklar tambahan ini bisa anda pasang sendiri, tapi kalau anda merasa kesulitan bisa datang ke Bengkel Honda terdekat.
Namun, dengan pemasangan saklar tambahan ini tentunya bisa membuat garansi kelistrikan di motor anda jadi tidak berlaku.
Kalau saran saya sebaiknya tetap menggunakan lampu dengan system AHO ini karena toh kedepannya semua motor bakal dibuat seperti ini, atas dasar demi keamanan bagi pengendara sepeda motor di Indonesia.
Jadi jika pemerintah sudah memberlakukan secara nasional dan semua lampu motor wajib On tidak perlu repot-repot lagi merubahnya.
Demikian penjelasan dari saya tentang pemasangan saklar lampu dimmer untuk motor beat FI semoga bermanfaat terimakasih.
Ngapain buka bodi segala..tinggal buka cover kepala motor..cari kabel kuning yg dri kiprok ke dimmer..
BalasHapusNgapain buka bodi segala..tinggal buka cover kepala motor..cari kabel kuning yg dri kiprok ke dimmer..
BalasHapusMaaf gan kalau saya salah, maklum saya masih newbie alias pemula, tapikan gak salah kalau berbagi, yang penting pencerahan yang saya berikan tidak salah, walaupun sedikit rumit, makasih atas sarannya
BalasHapus