Gambar: Pompa Bahan Bakar Serta Saringan Bahan Bakarnya
Sebelum saya berbagi pengalaman ini, saya mau katakan
kalau disini saya hanya ingin berbagi pengalaman saja. Mungkin teman-teman di
luar sana sudah banyak yang mahir dan bisa juga masalah yang saya bagikan ini
adalah hal yang sepele bagi teman-teman yang sudah mahir di bidang ini, saya
hanya berharap apabila memang demikian mohon beri masukan/saran nya, sehingga
saya bisa belajar lebih banyak lagi.
Jadi
masalah yang saya dapatkan ini ada di unit forklift Toyota 4 ton, siang sewaktu
operatornya bekerja alat ini memang sudah tampak mencurigakan dengan nyalanya
lampu indikator yang dimaksudkan diatasi. Lalu operator memberi tahukan kepada
saya masalah ini saya coba cek,ternyata lampu indikator yang menyala bukan
hanya indikator baterai namun indikator SENDIMENTER juga, dan karena hanya mekanik
sendirian di perusahaan ini mau tidak mau saya harus putar otak sendiri dalam
menyelesaikan masalah ini. Awalnya saya berfikir problem yang harus saya
pecahkan ada dua masalah yaitu harus menormalkan lampu indikator baterai dan
lampu indikator sendimenter. Jadi siang itu saya pikir karena alat masih banyak
yang memerlukan saya putuskan untuk operatornya tetap bekerja hingga sore hari
sebelum selesai kerja, dan kebetulan besoknya hari Minggu saya berfikir
perbaiki alat ini hari Minggu siang saja, dan malamnya saya sudah mencari
informasi masalah-masalah yang biasa menjadi penyebab kedua lampu ini menyala.
Pertama pada lampu baterai saya tanya-tanya om google dan nontonYouTube. Yang
saya dapatkan masalah pada alternator itu disebabkan carbonbrushnya
habis/coolbooster. Dan pada lampu indikator sendimenter itu disebabkan filter
solar yang mengandung air pada sendimenternya, sehingga menyebabkan kandungan
air lebih banyak dibandingkan solar atau bisa saja di dalam sendimenternya
banyak kotoransehingga menyebabkan lampu indikator menyala. Cara penanganannya Dengan melepaskan filter solar lalu lepaskan
baut pembuangan air dibawah filter solar.
Gambar: Instument Panel Forklift Toyota 4 Ton
Gambar: Keterangan Dari Gambar Instrument Panel
Keesokan harinya saya bawa alat ke depan gudang
pertama, saya coba menangani lampu indikator sendimenter, saya lepaskan filter
solar dari rumah pompa bahan bakarnya dan lepas baut pembuangan solar.Selanjutnya
saya keluarkan solar yang bercampur air tadi, setelah itu saya pasang ulang
kembali filternya dan saya coba runningengine dan ternyata lampunya tetap saja
menyala, jujur saja saya kaget. Saya coba benerin selang-selang bahan bakarnya
tetapi masalah ini belum kelar juga, saya coba pindah memasalahkan lain yaitu
masalah alternator, saya coba ukur dengan avo meter tidak
ada pengisian, karena kurang puas saya ambil besi saya tempelkan di depan alternator
saat enginerunning, ternyata tidak ada hisapan/ kemagnetan, inilah yang membuat
saya yakin kalau ini masalahnya di carbonbrush yang sudah habis, saya pikir
kalau saya kerja sekarang pasti akan malam selesainya kebetulan saya kerja
sendiri dan penerangan yang kurang. Saya putuskan untuk menunda pekerjaan ini
dulu. Saya pikir akinya pasti masih kuat untuk operasi, karena satu hari
sebelum kita menemukan masalah ini ternyata lampu indikator ini sudah menyala,
saya pikir kalau hanya pakai besok pasti masih bisa. Dan ternyata perkiraan.
Saya betul karena kebetulan hari itu lapangan tidak terlalu padat untuk
pemakaian forklift, namun tiba sore harinya sekitar jam 17:20 orang mau pakai
alat, dan operator Nya coba menghidupkan forkliftterus terang saja alat ini
tidak mau hidup lagi karena akinya sudah soal/habis. Saya sampaikan kepada
operator Nya supaya pakai alat yang satu untuk operasi sementara, selama alat
ini standby saya cas aki dulu supaya besok alat ini bisa hidup dan jalan hingga
depan gudang, saya cas hingga aku full.
Gambar: Pompa Bahan Bakar Serta Saringan Bahan Bakarnya
Gambar: Keterangan Dari Saringan Bahan Bakar
Besoknya pagi-pagi saya
langsung menuju ke gudang untuk perbaikan, karena bekerja lebih awal akan
mempercepat penyelesaian makalah ini sehingga alat bisa digunakan secepatnya,
setelah sampai di gudang saya buka gudang ganti pakaian diapakantool Tidak lupa
saya berdoa terlebih dahulu, agar diberikan kemudahan dalam menyelesaikan
masalah ini, setelah itu saya keluar buka tutup deksel/penutup engine, saya
kurang yakin kalau ini masalahnya di coolbooster karena jarang2 alternator ini terkena
masalah seperti ini. Saya coba lepas kepala akinya agar waktu bekerja tidak
terjadi masalah lain, dan saya lepas aki (+) sambil melihat-lihat ada tidak
kabel atau terminal yang putus, terus terang saja saya kaget belum saya bekerja
yang lain saya sudah menemukan permasalahannya. Ternyata di atas terminal (+) itu ada 3 terminal salah satunya
terminal pengunjung ALTERNATOR ke aki. Dan terminal inilah yang putus sehingga
menyebabkan aki tidak mengisi sekaligus menyebabkan lampu indikator baterai dan
lampu indikator sendimenter menyala, saya coba sambung dengan se-urat kabel dan
saya runningengine dan lampu indikator nya masih nyala tetapi setelah saya cek
kotak fuse ternyata fuse juga putus, dan saya pasang fuse baru dan ternyata
lampu indikator baterai dan lampu indikator sendimenter pun mati alias problem
terpecahkan. Setelah menyelesaikan masalah ini saya merasa bahwa melakukan
sesuatu itu perlu diawali dengan doa supaya di berikan kemudahan.
Gambar: Baterai Forklift Toyota 4 Ton
Gambar: Terminal (+) Baterai dan terminal ALT yang ada lingkaran meranya
Gambar: Hasil Solderan/penyambungan Terminal ALT yang putus
Jadi buat teman-teman yang
mungkin pernah atau siapa tau nanti mengalami ini. Kalau lampu indikator
baterai menyala, jangan langsung mengambil keputusan bahwa alternator yang
bermasalah, begitu juga pada lampu sendimenterjangan langsung menduga filter
solarnya yang kotor atau tercampur dengan kandungan air.
Mungkin itulah yang dapat
saya bagikan, semoga dapat membantu.dan apa bila ada saran dan masukan tolong
di ketik di kolom bagian bawah, supaya saya dapat belajar lebih banyak lagi dan
kita dapat belajar sama-sama.
Thank you
Langganan:
Postingan (Atom)