CARA KERJA SISTAM PENGAPIAN DLI(DISTRIBUTOR LESS IGNITION)
SISTAM PENGAPIAN DLI(DISTRIBUTOR LESS IGNITION)
Gbr: WIRING SISTAM PENGAPIAN DLI(DISTRIBUTOR LESS IGNITION)
Cara kerjanya:
Pada saar kunci kuntak ON arus mengalir dari baterai
yang (+), menuju FL (Fuseble Link) dari situ langsung menuju Switch, dari
Switch ke Fuse dan arus langsung terbagi menjadi 2:
Yang pertama, arus mengalir ke koil no 1 dan
melewati kumparan primer dan masuk ke terminal C Transistor kemudian arus
standby,
Yang kedua, arus mengalir dari coil nomor 2 dan
melewati kumparan primer, dan arus masuk ke terminal C Transistor arus standby,
Pada saat stater, signal generator mendekati pick-up
coil dan menghasilkan arus (+) dan arus yang mengalir ke ECU adalah arus (+)
dan akan di teruskan ke IGT, dan terminal B Transistor mendapat arus positif
dan transistor ON, terminal C dan E terhubung, dan mendapatkan massa, sehingga
terjadi kemagnetan pada lilitan primer, begitu juga selanjutnya pada coil no 2.
Pada saat signal generator sejajar dengan pick-up
coil:
Saat signal generator sejajar dengan pick-up coil
akan menghasilkan tahanan 0, arus yang masuk ke ECU tidak ada sampai pada
terminal B Transistor, sehingga Transistor jadi OFF, terminal E dan C terputus
dan massa terputus secara tiba-tiba sehingga terjadi EMF1 ( 300-500
Volt) dan membangkitkan GGL (Gaya Gerak Listrik) sehingga mecari massa yang
baru yaitu massa yang terdapat pada busi yang melewati kumparan sekunder, yang
apabila dilalui akan terjadi EMF2 (± 20.000) dan arus akan mengalir ke
masing-masing busi, sehingga busi memercikkan bunga api.
0 komentar: