CARA KERJA SISTAM PENGAPIAN DLI(DISTRIBUTOR LESS IGNITION)

SISTAM PENGAPIAN DLI(DISTRIBUTOR LESS IGNITION)

               Gbr: WIRING SISTAM PENGAPIAN DLI(DISTRIBUTOR LESS IGNITION)
Cara kerjanya:
Pada saar kunci kuntak ON arus mengalir dari baterai yang (+), menuju FL (Fuseble Link) dari situ langsung menuju Switch, dari Switch ke Fuse dan arus langsung terbagi menjadi 2:
Yang pertama, arus mengalir ke koil no 1 dan melewati kumparan primer dan masuk ke terminal C Transistor kemudian arus standby,
Yang kedua, arus mengalir dari coil nomor 2 dan melewati kumparan primer, dan arus masuk ke terminal C Transistor arus standby,
Pada saat stater, signal generator mendekati pick-up coil dan menghasilkan arus (+) dan arus yang mengalir ke ECU adalah arus (+) dan akan di teruskan ke IGT, dan terminal B Transistor mendapat arus positif dan transistor ON, terminal C dan E terhubung, dan mendapatkan massa, sehingga terjadi kemagnetan pada lilitan primer, begitu juga selanjutnya pada coil no 2.
Pada saat signal generator sejajar dengan pick-up coil:
Saat signal generator sejajar dengan pick-up coil akan menghasilkan tahanan 0, arus yang masuk ke ECU tidak ada sampai pada terminal B Transistor, sehingga Transistor jadi OFF, terminal E dan C terputus dan massa terputus secara tiba-tiba sehingga terjadi EMF1 ( 300-500 Volt) dan membangkitkan GGL (Gaya Gerak Listrik) sehingga mecari massa yang baru yaitu massa yang terdapat pada busi yang melewati kumparan sekunder, yang apabila dilalui akan terjadi EMF2 (± 20.000) dan arus akan mengalir ke masing-masing busi, sehingga busi memercikkan bunga api.

0 komentar:

Copyright © 2013 Dunia Teknik