CARA MENGATASI SHOCK BREAKER DEPAN SEPEDA MOTOR YANG MENGELUARKAN BUNYI “TOK” PADA SAAT MELEWATI POLISI TIDUR ATAU JALAN BERLUBANG SECARA TIBA-TIBA.



Hai ...
Come back again with me son_ambarita ni my article about Teknologi automotive,
Kali ini saya akan berbagi pengetahuan serta pengalaman saya buat teman-teman yang membutuhkannya, kebetulan baru-baru ini saya mengalami mesalah pada shock breaker bagian depan sepeda motor metic saya, yang mana apabila saya mengendarai sepeda motor ini dan tiba-tiba tanpa disengaja menabrak polisi tidur atau tiba-tiba melewati jalan yang berlubang, maka shock breaker bagian depan pada motor saya ini akan mengeluarkan bunyi “TOK” yang sangat kuat, namun kalau di jalan yang rata tidak mengeluarkan suara apa-apa (normal-normal saja), awalnya saya mengira shock breaker saya ini berbenturan langsung dengan bagian lain pada sepeda motor saya, dan setelah saya cek dengan teliti dan seksama tidak ada apa-apa yang bersentuhan langsung dengan shock breaker ini, nah karena masalah ini lah saya bingung, saya berfikir kalau shock breaker saya ini mengalami kekurangan oli sehingga menyebabkan adanya benturan antara bambu shock dengan komponen lainnya pada bagian dalam shock breake tapi kalaupun oli berkurang mengapa tidak ada kebocoran apapun di bagian seal pada shock breaker, saya cek bagian seal semua dalam keadaan baik-baik saja dan akhirnya saya pun berencana untuk membongkar bagian-bagian shock breaker sepeda motor saya ini, saya siapkan kunci-kunci dan peralatan yang saya butuhkan namun hati saya seakan ragu-ragu akan permasalahan ini.  Sayapun mencoba untuk search di goggle dan saya dapat satu referensi yang mengatakan apabila sepeda motor mengalami masalah seperti ini kita coba cek dulu kom stirnya atau yang orang sering juga bilangnya koneks atau semacam itulah itu,
                                           Gambar: kom stir/koneks tanda arah panah
 saya pun kurang tahu betul nama dari komponen ini, yang pastinya terletak pada bagian segi tiga pada stir motor, nah anda coba cek dulu terkadang kom stir ini mengalami kelonggaran akibat jarangnya di perhatikan apa bila itu benar-benar terjadi anda bisa siapkan palu dan pahat/bettel dan gunakanlah alat ini untuk mengancing/mengunci kom stir/ koneks yang longgar tadi , atau sebelum anda membuka body/cup motor anda bisa menganalisanya secara manual dengan cara memposisikan sepeda motor pada standart 2 lalu anda bisa meminta tolong kepada teman atau saudara mu untuk menekan atau mengejotkan bagian belakang agar pada bagian depan sepeda motor dapat terangkat, lalu setelah terangkat anda bisa putar-putarkan stir ke arah kiri dan kanan, dan apabila stir terasa ringan sekali waktu kita memutarnya, nah dari situ kita dapat mengetahui masalah apa yang terjadi, kemungkinan besar kom stir/koneks ini longgar dan itu yang menyebabkan terjadi bunyi “TOK” pada bagian shock breaker depan sepeda motor kita. Namun apabila stir terasa berat waktu kita putar berarti kom stir atau conect tidak mengalami masalah dan baik-baik saja tapi bila penasaran anda bisa langsung cek dengan membuka body/cup motor bagian depan, Dan setelah anda melihat tidak ada masalah anda bisa coba bongkar bagian-bagian shock breaker depan sepeda motor, dan liat apa yang terjadi dan apa bila benar-benar ada masalah anda bisa memperbaikinya, seperti menambahkan oli, ganti seal dan lain sebagainya.

Mungkin itu dulu yang dapat saya bagikan pada artikle saya ini, dan semoga bermanfaat bagi perkembangan ilmu otomotive anda

THANK YOU FOR YOUR ATTENTION

0 komentar:

Copyright © 2013 Dunia Teknik